Breaking News

Pertemuan Pengajuan Perijinan Dokumen Kapal

Pemaparan Materi Bapak Febri Hari Sutanto (Ahli Ukur UPP Brondong)
Bulu - Untuk memberikan pengetahuan lebih tentang bagaimana cara pengajuan perijinan dokumen kapal, UPT Pelabuhan dan Pengelolaan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (P2SKP) Bulu mengadakan pertemuan pengajuan perijinan dokumen kapal (13/07/2018) dengan nelayan, pemerintahan desa sekitar yang terkait dalam pengurusan kapal. Penyaji materi yang telah dihadirkan beliau yaitu Febri Hari Susanto (Ahli Ukur Kapal UPP Brondong) dan Zulfan (Dinas Perikanan dan Peternakan Kab.Tuban).

"Berdasarakan Peraturan Menteri Tahun 2013 bahwa setiap kapal sebelum dioperasikan wajib dilakukan pengukuran sesuai metode pengukuran" terang Ahli Ukur UPP.
Dalam paparan materi beliau banyak menyampaikan pentingnya kepemilikan dokumen kapal, dan pendaftaran kebangsaan kapal. Untuk persyaratan dalam pengukuran kapal Bapak Febri menjelaskan diantaranya :

1. Permohonan Pengukuran Kapal
2. Surat Persetujuan Nama Kapal dari Ditkappel (Online di http://kapal.dephup.go.id)
3. Surat Keterangan Tukang bermaterai (diketahuai pemilik) mengetahui Lurah dan Camat.
4. Surat Keterangan Hak Milik oleh Lurah/Kades Mengetahui Camat.
5. Fotocopy KTP Pemilik dan Tukang.
6. Surat Pernyataan Pemilik Kapal Bermaterai.
7. Surat Pernnyataan Pemasangan Mesin
8. Sket Gambar / Foto Kapal
9. Surat Rekomendasi Teknis dari KKP

Untuk penyaji materi kedua, menyampaikan cara penerbitan Bukti Pencatatan Kapal Perikanan (BPKP) cukup mudah dan gratis melalui pemerintahan desa setempat. Antusias peserta pertemuan antuasias untuk mengajukan pertanyaan terkait dokumen pas kecil. 

Pemaparan Materi dari Bapak Zulfan (Dinas Perikanan dan Peternakan Kab.Tuban)




Tidak ada komentar