PEMERIKSAAN HASIL MUTU IKAN UPT P2SKP BULU


         Badan Pengawas obat dan Makanan (BPOM) RI Akhir – Akhir ini Menemukan Beberapa Produk olahan  ikan dalam kemasan Kaleng yang positif mengandung parasit  cacing yaitu cacing jenis Aniskis Sp.      
                                        pengambilan Ikan sampel dari Nelayan
Menindak lanjuti adanya Penemuan cacing diatas  Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur Menugaskan langsung Petugas dari Bidang P3KP (Bidang Pengelolaan dan Pemasaran Produk Kelautan dan Perikanan) ke UPT Pelabuhan  dan Pengelolaan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Bulu – Tuban untuk memeriksa mutu ikan hasil tangkapan nelayan yang di daratkan di TPI (Tempat pelelangan Ikan), dengan cara Mengambil Beberapa Sempel ikan Seperti Ikan Kakap dan Ikan Tongkol Untuk mengetahui  tingkat kualitas mutu ikan hasil pembongkaran dari kapal nelayan, bakol dan pengepul. Dari hasil Pemerikasaan organoleptik di lapangan didapatkan analisa sebagai berikut :

1.    Mata Cerah/Kornea Jernih
2.    Kulit Elastis, Sulit di Sobek dengan Jari
3.    Lapisan Lendir Jernih, cerah belum ada perubahan
4.    Sayatan daging masih lentur dan kenyal
5.    Insang masih segar berwarna merah cerah dan sisik masih melekat kuat
6.    Tidak ditemukan cacing atau parasit yang berbahaya di tubuh ikan
Dari hasil analisa mutu ikan diatas bahwa ikan hasil tangkap nelayan bulu memiliki kualitas yang cukup baik dan tidak didapati mengaandung parasit yang berbahaya .
Pemerikasaan organoleptik

          Dengan adanya pemeriksaan tersebut diharapkan Masyarakat kembali mengkonsumsi ikan tanpa ada rasa was – was dengan adanya bahan kimia berbahaya dan parasit pada tubuh ikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages