UPT P2SKP Bulu Punya Kapal Pengawasan TODAK 03

P2SKP Bulu, Tuban - Minggu, 4 Februari 2018 Unit Pelaksana Teknis Pelabuhan dan Pengelolaan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Bulu kedatangan kapal pengawasan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur yang dikirm langsung oleh ABK kapal dari tempat pembuatan kapal. Kapal pengawasan jenis apa yang datang di pelabuhan perikanan bulu, ternyata UPT P2SKP Bulu dapat Kapal Pengawasan jenis Todak 03. KP Todak 03 memiliki penampakan seperti berikut : 

KP. Todak 03 UPT P2SKP Bulu
Apa itu Kapal Pengawas Perikanan? Kapal Pengawasan adalah kapal yang digunakan untuk melindungi sumber daya kelautan dan perikanan. Kapal Pengawas Perikanan merupakan penegak hukum dilaut di bidang perikanan. Dalam melakukan pengawasan berkoordinasi dengan TNI Angkatan Laut, Polair dan Bakorkamla. Kapal Pengawas Perikanan berada dalam lingkup Ditjen PSDKP naungan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Dalam melaksanakan tugasnya, Kapal Pengawas Perikanan dapat menghentikan, memeriksa, membawa, dan menahan kapal yang diduga melakukan pelanggaran ke pelabuhan terdekat untuk pemprosesan lebih lanjut. Selain itu, berdasarkan UU No. 31 Tahun 2004 tentang Perikanan, sebagaimana telah diubah dengan UU No. 45 Tahun 2009, dalam hal tertentu Kapal Pengawas Perikanan, dalam hal ini pengawas perikanan atau Penyidik PNS Perikanan, juga dapat melakukan tindakan khusus berupa penenggelaman.
Tampak Belakang KP.Todak  03

Kapal pengawas perikanan (fishery patrol ship) dalam dunia pelayaran sering disebut "Kapal Putih", Hal ini karena kapal pengawas perikanan berwarna dominan putih mengingat warna abu-abu maupun kamuflase hanya boleh untuk kapal militer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages