Breaking News

SOSIALISASI PENYADARAN HUKUM JUM'AT 15 SEPTEMBER 2017

SOSIALISASI PENYADARAN HUKUM TENTANG PERATURAN PERUNDANG UNDANGAN BIDANG KELAUATAN DAN PERIKANAN PENYELENGGARA UPT PELABUHAN DAN PENGELOLAAN SUMBERDAYA KELAUTAN DAN PERIKANAN (P2SKP) BULU TUBAN

BULU – Sebagai tindak lanjut dari sinkronisasi pengawasan pemanfaatan sumberdaya kelautan dan perikanan,  Di UPT P2SKP BULU Kabupaten Tuban,  memberikan sosialisasi penyuluhan hukum dalam pendayagunaan sumberdaya laut, Jum’at (15/9/2017) di Desa Bulu Kecamatan Bancar.





















Kegiatan yang dipusatkan di UPT Pelabuhan dan Pengelolaan  Sumberdaya Kelautan dan Perikanan di Kecamatan Bancar . Dalam sosialisasi ini mereka mendapatkan materi dari koordinator satwas SDKP lamongan. Yaitu bpk : SURYONO.SE.,M.Hum. yang  sebagai Narasumbernya.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran kepada masyarakat bahwa pemanfaatan sumber daya laut itu harus ramah lingkungan.

“Artinya, sumber daya laut ini titipan untuk anak cucu sehingga bisa memanfaatkannya dengan baik. Karena laut adalah ladang mata pencaharian nelayan dengan mentaati peraturan perundang-undangan dan alat tangkap ramah lingkungan. Dengan demikian, sumber daya itu akan tetap lestari.

LANDASAN HUKUM PENGAWASAN SUMBERDAYA KELAUTAN DAN PERIKANAN.
a.       Undang undang nomor 45 tahun 2009 tentang perubahan atas undang – undang Nomor 45 Tahun 2009 tentang Perikanan.
b.      Undang Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang Undang Nomor 27 Tahun 2017 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau – Pulau Kecil.
c.       Kesepakatan Bersama antara Kementrian Kelautan dan Perikanan RI dengan Kepolisian RI dan Tentara Nasional Angkatan Laut.
ESENSI PENGAWASAN:
Memastikan bahwa para pelaku usaha perikanan mematuhi segala peraturan perundang undangan dan ketentuan yang di tetapkan, demi:
a.       Kelestarian sumberdaya perikanan.
b.      Keberlanjutan mata pencarian masyarakat kelautan dan perikanan.

c.       Peningkatan kontribusi ekonomi dari sektor perikanan. (ZA)

Tidak ada komentar