MANFAAT SENAM DAN OLAH RAGA LAINNYA

Menjalin Silaturrahmi Dengan Berolah Raga
(Senam Rutin Staf UPT P2SKP BULU Di Hari Jumat)
Olah raga merupakan salah satu upaya dalam menjaga kesehatan tubuh oleh karena itu dengan segudang aktivitas yang begitu padat dan pekerjaan yang banyak disela sela kesibukan para staf UPT P2SKP bulu, mengadakan kegiatan rutin setiap hari jumat yaitu senam bersama. Kegiatan ini juga di ikuti oleg beberapa staf UPT lainya yang ada di sekitar pelabuhan serta di ikuti oleh beberapa masyarakat. Selain untuk menjaga kesehatan tubuh dan penyegaran kegiatan ini bertujuan untuk mempererat rasa saling kerjasama antara pihak UPT P2SK BULU dengan UPT lain dan juga masyarakat
Tapi taukah anda apa definisi senam yang sesungguh nya ? Menurut Hidayat (1995) senam didefinisikan sebagai suatu latihan tubuh yang dipilih dan dikonstruk dengan sengaja, dilakukan secara sadar dan terencana, disusun secara sistematis dengan tujuan meningkatkan kesegaran jasmani, mengembangkan keterampilan, dan menanamkan nilai-nilai mental spiritual. Peneletian lain dikemukakan oleh Werner (1994) yang menyebutkan bahwa senam adalah bentuk latihan tubuh pada lantai dan pada alat yang dirancang untuk melungkatkan daya tahan, kekuatan, kelentukan, kelincahan, koordinasi serta kontrol tubuh.


Menurut FIG (Federation Internationale de Gymnastique), senam dibagi menjadi enam kelompok, yaitu senam artistik senam ritmik sportif, senam akrobatik, senam aerobik sport, senam trampolin, senam umum (Mahendra, 2000:5-6).
  1. Senam artistik adalah senam yang sering dipertandingkan yang gerakannya disusun dari masing-masing alat dan telah ditetapkan sesuai pertandingan berlaku. Contohnya senam lantai, kuda pelana, palang sejajar, palang tunggal, palang bertingkat, dan lain sebagainya. 
  2. Senam ritmik sportif adalah senam yang dikembangkan dari senam irama yang diantarkan oleh irama musik yang menghasilkan gerak-gerak tubuh dan alat-alat yang indah.
  3. Senam akrobatik adalah senam yang mengendalikan gerakan akrobatik sehingga latihannya banyak mengandung salto sementara pesenamnya harus mendarat di atas tangan dan di atas bahu pasangannya. 
  4. Senam aerobik sport merupakan pengembangan dari senam aerobik berupa tarian atau kalestenik tertentu, kemudian digabungkan dengan akrobatik yang sulit.
  5. Senam trampolin merupakan pengembangan senam yang dilakukan di atas trampolin.
  6. Senam umum adalah semua jenis senam selain kelima hal di atas. Maka senam aerobik, senam pagi, dan senam SKJ.
Banyak manfaat yang bisa di ambil dari senam itu sendiri, apa lagi dilakukan secara rutin tentu akan mendapatkan hasil yang bagus, berikut beberapa penelitian mengemukanan bahwa fungsi senam yaitu :
  1. Aerobik dapat meningkatkan stamina dan daya tahan. Pasti setiap manusia pernah mengalami letih dan lesu dalam menjalankan berbagai aktivitas bahkan cenderung mudah sakit. Aerobik merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat meningkatkan stamina untuk beraktivitas dan meningkatkan daya tahan tubuh.
  2. Meningkatkan fungsi jantung. Nah dalam hal ini aerobik merupakan salah satu jenis olahraga yang cukup ampuh. Aerobik dapat meningkatkan denyut dan menstabilkan irama jantung sehingga akan lebih sehat.
  3. Mengurangi Berat Badan. Tentu setiap olahraga memiliki peran dalam menurunkan berat badan manusia, salah satunya adalah aerobik yang terbukti ampuh untuk menurunkan berat badan secara bertahap.
  4. Mengurangi berbagai penyakit / mencegah penyakit. Nah yang satu ini penting untuk anda ketahui, aerobik dapat membantu mencegah berbagai penyakit berbahaya sebut saja stroke, jantung, kolesterol, dan berbagai kemungkinan lain bahkan penyakit kanker.
  5. Ingin umur panjang ? Aerobik Solusinya. Penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard, yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine pada tahun 1986, mengungkapkan bahwa untuk pertama kalinya ada hubungan ilmiah antara olahraga dan umur panjang. Aerobik merupakan salah satu olahraga yang dapat membuat tubuh anda sehat dan memiliki umur panjang
  6. Meningkatkan Kesehatan Otot. Otot manusia membutuhkan oksigen untuk membantu agar terhindar dari asam laktat atau limbah lainnya. Aerobik akan mendorong pembuluh darah untuk menyediakan cukup oksigen dalam otot dan menjauhkannya dari berbagai limbah. Selain itu, dengan aerobik juga dapat mengurangi ketidaknyamanan yang dirasakan oleh penderita nyeri otot kronis dan sakit punggung.
  7. Meningkatkan mood dan mengurangi stres. Aerobik merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat mengaktifkan endorfin yang dapat memberikan rasa tenang dan sejahtera. Selain itu dengan melakukan aerobik anda juga dapat mengurangi stres yang ditimbulkan oleh berbagai aktivitas serta kesibukan anda.
  8. Membersihkan arteri. Latihan aerobik dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik) sekaligus dapat menurunkan low-density lipoprotein (LDL), kolesterol jahat dalam darah. LDL dapat mengakibatkan penumpukan plak di arteri yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti jantung.
  9. Memperkuat napas/stamina, jika anda sering merasa lelah ketika baru beraktivitas sebentar saja, itu artinya napas anda tidak kuat yang dapat disebabkan oleh lemak dan gangguan aliran oksigen dalam darah. Aerobik rutin dapat membantu mengembalikan fungsi napas agar anda lebih powerful dan kuat beraktivitas.
  10. Mengurangi tekanan darah tinggi. Aerobik juga dipercaya dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi secara signifikan dengan membantu melancarkan peredaran darah dan oksigen dalam tubuh.
  11. Mencegah diabetes, sudah rahasia umum olahraga seperti aerobik merupakan cara ampuh untuk mencegah diabetes.
  12. Mengatasi insomnia, insomnia merupakan penyakit sulit tidur yang dapat disebabkan oleh berbagai hal. Terlepas dari penyebabnya, ternyata aerobik juga dapat membantu anda mengatasi sulit tidur dan membuat anda lebih nyenyak untuk tidur.
  13. Aerobik memperkuat tulang dan sendi. Ini adalah manfaat yang sangat penting bagi perempuan karena tulang yang kuat dan sendi mengurangi kemungkinan seorang wanita untuk terkena penyakit osteoporosis.
  14. Awet muda. Rajin beraerobik merupakan salah satu rahasia untuk membuat anda awet muda, pembakaran kalori,lemak, dan pembuangan keringat akan membantu meningkatkan elastisitas otot dan kulit sehingga tampak lebih cerah dan bersinar.
  15. Untuk ibu hamil, aerobik dapat membantu persalinan normal dengan meningkatkan elastisitas otot.

Selain senam ada juga jenis olah raga lainnya yang di jadwalkan beberapa kali dalam seminggu oleh staf UPT P2SKP bulu tuban yaitu tenis meja dan badminton atau yang biasa kita kenal dengan Bulu Tangkis. Jadwal Tenis Meja yaitu pada hari selasa pukul 20.00 wib sedangkan untuk jadwal rutin badminton pada hari senin malam dan rabu malam pukul 20.00 Wib.
 Tujuan diadakannya kegiatan ini, untuk menjalin silaturahmi dan keakraban sesama karyawan. “Selain itu juga sebagai alternatif untuk refreshing bagi karyawan yang waktunya di habiskan untuk bekerja. Jadi antara kerja dan olahraga harus seimbang, ujar kepala UPT P2SKP Bulu Tuban

Gmn para pembaca...banyak kan manfaat berolah raga?  Masih suka berdiam diri di meja kerja ... dengan rutinitas yang sama ?... warnai hidup anda dengan berolah raga, mari hidup sehat  karena di dalam TUBUH YANG SEHAT ADA JIWA YANG SEHAT. 
      Demikian yang di laksanakan tiap jum'at pagi di lingkungan UPT P2SKP BULU TUBAN karena kami sadar, bahwa menjaga kesehatan adalah kewajiban kita sebagai bentuk rasa syukur kita kepada ALLAH SWT . penulis (YD/ZA)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages